oleh

Baru, Masjid Syarif Abdurachman Cirebon Di Wilayah Obyek Wisata Religi Sunan Gunung Jati

Masjid Syarif Abdurrahman yang berada di komplek makam Sunan Gunung Jati Cirebon diresmikan oleh wakil presiden Kyai Haji Ma’ruf Amin pada Jumat tanggal 25 Agustus 2023. ¬†Masjid Syarif Abdurrahman Cirebon diprakarsai sekaligus dibangun oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurrahman selama kurang lebih 18 bulan.

Dikutip dari channel yootube Sang Penyuluh Agama, Design arsitektur masjid mengangkat kearifan lokal yaitu Kesultanan Cirebon yang dibangun di lahan seluas 1,8 hektar Sedangkan untuk bangunan masjid memiliki luas kurang lebih 1800 meter persegi dan memiliki daya tampung mencapai sekitar 1.750 orang Jamaah.

Daya Tarik Masjid Syarif Abdurachman Cirebon

Setelah diresmikan mesjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi cirebon Karena memiliki daya tarik tersendiri dan mengundang rasa penasaran banyak orang untuk datang . Di depan mesjid ada tugu nama-nama keturunan dari sunan gunung jati (syekh Maulana Syarif Hidayatullah) depan halaman mesjid terdapat kolam .

Masjid ini cukup unik dengan tidak ada dinding di sekeliling bangunan masjid, kecuali disebelah barat. Sebagian besar adalah tiang-tiang penyangga yang besar dan kokoh. Teras masjid yang luas dan diapit oleh kolam kolam cukup dalam yang dilapisi marmer coklat yang tidak membuat kaki para pengunjung kepanasan saat datang di siang hari

Halaman masjid pun ;lumayan luas sehingga bisa untuk bersantai Adapun tempat wudhu ada di depan, diluar teras masjid (bangunan terpisah) sehingga sangat nyaman saat berkunjung. Tidak hanya warga cirebon, Saat ini banyak wisatawan dari luar kota datang ke mesjid baru di wilayah obyek wisata religi Sunan Gunung Jati ini.

Masjid ini cukup megah dengan ciri khas etnik cirebon perpaduan antara atap yang klasik dengan bangunan yang modern. Mengusung Konsep terbuka sehingga semilir nya angin bisa masuk tanpa harus menggunakan AC didalamnya.

Fasilitas lain di sekitar masjid terdapat taman, lahan parkir cukup luas, food court, dan saung-saung yang masih dalam proses pembangunan dan untuk biaya parkir kendaraan Rp 10.000 sesuai keterangan salah satu pengunjung bernama Intan Esaputri yang di publish di goople maps Masjid Syarif Abdurachman Cirebon.

News Feed