oleh

Sejarah Dan Keunikan Air Terjun Sipiso Piso Kab Karo Sumatera Utara

-Alam-43 views

Selain danau toba yang sudah dikenal wisatawan lokal dan mancanegara sebagai salah satu destinasi andalan di provinsi sumatera utara, Air terjun sipiso piso yang terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten tanah karo tempat wisata alam dengan suasana dan pemandangan menakjubkan ini juga tidak boleh terlewatkan saat berlibur.

Sejarah kenapa air terjun dengan tinggi 120 meter ini dinamakan sipiso piso ? Masyarakat setempat memberikan nama Sipiso-piso karena air yang mengalir deras membentuk garis vertikal sempurna dari atas jurang yang curam tersebut dari kejauhan tampak seperti sebuah pisau.

Ada juga versi lain yang menyebutkan nama sipisopiso diambil dari nama sebuah gunung yang berada tepat di timur laut air terjun ini. Gunung yang juga disebut dolok sipiso piso ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 1860 MDPL.

Lokasi Air Terjun Sipiso Piso

Untuk menemukan wisata alam dengan pemandangan menakjubkan ini tidak lah sulit, lokasi nya sendiri terletak tidak jauh dari danau toba karena masih berada di kawasan wisata toba. Berada diketinggian 1300 meter diatas permukaan laut.

Keunikan air terjun sipiso piso karena termasuk tipe air terjun plunge. Sungai pajanabolon adalah salah satu sungai yang menyuplai kedalam danau toba. Jarak medan ke sipiso piso membutuhkan waktu perjalanan selama 3 jam dari Kota Medan dengan menggunakan roda empat maupun roda dua.

Setelah sampai lokasi, Untuk menuju dasar sungai dimana air terjun sipiso-piso jatuh wisatawan membutuhkan tenaga extra Sebab, tempat wisata alam ini memiliki 500 anak tangga yang harus di lewati jika ingin menikmati suasananya dari bawah dengan waktu tempuh antara 30 sampai 45 menitan dan disarakan membawa jas hujan/jaket water waterproof serta baju ganti sebab akan basah kuyup kena cipratan air terjunnya.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas

Sama seperti tempat wisata pada umum nya, untuk bisa menikmati salah satu air terjun tertinggi di indonesia ini wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 7500/orang dewasa dan Rp 5.000/anak dan biaya parkir kendaraan roda empat Rp 5.000 – Rodan 2 Rp 3.000

Adapun fasilitas disekitar air terjun tersedia pendopo sebagai tempat istirahat , beragam kedai kuliner, toilet umum, area parkir yang luas, hingga kios pedagang cinderamata. Eksotisme air terjun sipiso piso dengan panorama alam yang cantik bisa menjadi salah satu daftar destinasi wisata untuk mengisi waktu berlibur.

News Feed