oleh

Tiket Masuk Dan Jalur Puncak Gunung Sagara Garut

Garut. Mendengar nama Gunung Sagara garut mungkin masih asing di telinga para wisatawan khusus nya pecinta/penikmat alam, anak muda yang haus akan tantangan. keberadaan Gunung ini masih kalah pamor nya dengan gunung-gunung yang ada di Garut lainnya, sebut saja gunung cikuray, gunung guntur dan papandayan yang kerap menjadi tujuan wisata para pendaki dari berbagai kota. Keindahan puncak gunung sagara garut yang mempesona dan diabadikan oleh para pendaki lewat video, photo kemudian di unggah ke berbagai media sosial memikat para pendaki lain untuk menjajal nya.

Keindahan yang ditawarkan di puncak gunung sagara garut yang secara administratif terletak di Kecamatan Sucinaraja ini patut diacungi jempol. bahkan salah satu pendaki yang sudah menjajal beberapa gunung yang ada di garut berani mengatakan view puncak gunung terbaik yang ada di garut adalah puncak gunung sagara. Selain pemandangannya luar biasa, daya tarik lain nya adalah panorama matahari terbit dan pemandangan ke arah kawah talaga Bodas yang terlihat jelas di puncak gunung ini.

Letak gunung sagara

Pasti banyak yang penasaran, misteri, mitos, gunung sagara garut dimana dan gunung sagara berapa mdpl ? puncak gunung ini memiliki tinggi 2.132 meter dan untuk menuju lokasi hanya berjarak kurang lebih satu jam dari garut. Dari pos pertama untuk sampai ke lokasi puncak gunung menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 6 jam dengan rute jalan yang menanjak tapi jangan khawatir sepanjang perjalana kalian akan disuguhi pemandangan alam yang sangat memanjakan mata.

Baca Juga : Fasilitas Kebun Binatang Cikembulan Garut

Biaya tiket masuk dan jalur gunung sagara

Panduan untuk wisatawan luar kota yang punya rencana menjajal dan menikmati keindahan gunung sagara bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan roda dua.

  • Jika menggunakan transportasi umum dari terminal guntur dilanjutkan dengan angkot 07 warna putih merah atau angkot jurusan cibatu warna kuning hija kemdian minta turun di Pertigaan Sadang, Kecamatan Sucinaraja ongkos nya kurang lebih Rp 5.000
  • Dari gerbang pertigaan sadang dilanjutkan dengan menggunakan ojek ke basecamp Sagara dengan biaya Rp 20.000 sampai Rp 25.000
  • Setelah sampai di basecamp, kalian bisa istirahat atau persiapan di rumah warga yang biasanya dijadikan homestay
  • Registrasi dan membayar biaya masuk dan memulai pendakian.
  • Biaya masuk Rp 10.000 jika membawa kendaraan pribadi dikenkan biaya Parkir untuk motor: Rp 5.000 dan roda empat Rp 10.000

Seperti yang sudah disebutkan diatas waktu tempuh untuk sampai lokasi kurang lebih 6 jam dengan jalur yang belum begitu bagus,dari basecamp ke pos pertama melewati jalan setapak tapi masih bisa dilalui kendaran roda dua sekitar 2 jam, kalian akan melewati perkebunan warga dan ditemani segar nya udara khas pegunungan,

Kemudian dari pos pertama – pos kedua dan pos ketiga sampai Puncak, jalan berupa hutan dan menanjak, Jangan khawatir tersesat, karena di sepanjang jalur pendakian sudah tersedia petunjuk jalan. Puncak gunung sagara kini semakin dikenal masyarakat luas dan Pemerintah Kabupaten Garut mendorong Puncak Sagara atau Saketi Lestari jadi tempat wisata baru berupa perkemahan yang menyajikan pemandangan alam dari puncak gunung.

Bahkan Rudy gunawan selaku bupati yang sedang menjabat pernah datang dan menginap bersama keluarga nya di bumi perkemahan Saketi Lestari dengan view lanscape alam yang sangat eksotis membuat decak kagum orang nomor satu di kabupaten garut ini.

News Feed